Keren! Optimalisasi Website Desa oleh Tim KKN UNDIP sebagai Media Informasi dan Promosi Desa

  • Aug 12, 2023
  • Fauzan Nabil Iskandar
  • BERITA


Desa Bandar, Kec. Bandar, Kab. Batang (12/08/2023) – Desa berperan penting dalam pembangunan masyarakat Indonesia. Hal ini karena hampir sebagian besar penduduk Indonesia tersebar di wilayah pedesaan. Website adalah suatu portal atau situs yang dapat diakses secara online melalui jaringan internet, yang menampilkan informasi berupa teks, gambar maupun video. Semakin marak dan berkembangnya teknologi, keberadaan website desa adalah sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan website desa berperan sebagai sarana informasi yang aktual seperti sejarah desa, visi misi desa, profil desa, galeri desa dan juga sebagai sarana promosi atau branding suatu desa karena memuat informasi tentang potensi-potensi, produk unggulan dan juga wisata-wisata yang ada di desa. Namun, website untuk di Desa Bandar Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang ini belum memuat banyak informasi dan juga masih banyak beberapa konten yang kosong di dalamnya yang seharusnya dapat dimanfaatkan karena Desa Bandar ini merupakan desa yang maju dan berpotensi besar dalam industri.

Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro TA 2022/2023 di Desa Bandar melaksanakan program optimalisasi website desa sebagai program kerja multidisiplin. Program ini diawali dengan koordinasi dengan IT perangkat desa untuk memaparkan rencana konten-konten yang akan diisi di dalam website desa. Setelah selesai koordinasi, dilanjutkan dengan meminta data-data yang diperlukan untuk mengisi konten di website desa.

"Kami bersemangat untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan visibilitas dan potensi desa melalui teknologi. Optimalisasi website ini diharapkan dapat membantu mempromosikan desa kepada lebih banyak orang serta membangun komunikasi yang lebih baik antara pemerintah desa dan warganya," ujar Ketua Tim II KKN UNDIP, Syarif Hidayatullah.

Dalam proyek inovatif ini, Tim KKN Universitas Diponegoro mengembangkan dan menyempurnakan website desa agar lebih modern, interaktif, dan informatif. Dengan menggabungkan informasi penting tentang kegiatan desa, profil masyarakat, serta berita terkini. Website tersebut kini menjadi pusat informasi yang lebih terintegrasi dan mudah diakses oleh warga desa dan masyarakat umum.

Kepala Desa, Pak Wahyudin, S.Pd.I, menyambut baik inisiatif ini, "Alhamdulillah, bahwa kami sekarang memiliki website yang memberikan informasi tentang desa kami. Ini membantu kami mengenal lebih dalam potensi desa dan apa yang dapat kami tawarkan kepada masyarakat."

Tim KKN Universitas Diponegoro juga memberikan pengarahan bagi perangkat desa Bandar dalam mengelola dan memelihara website tersebut, sehingga informasi selalu terkini dan tetap relevan. Dengan langkah inovatif ini, Tim KKN tidak hanya mendukung pengembangan desa secara digital, tetapi juga membantu desa dalam meningkatkan citra mereka serta membangun konektivitas yang lebih baik antara desa dan dunia luar. Langkah ini adalah bukti nyata bahwa mahasiswa dapat memiliki peran penting dalam membawa perubahan positif di masyarakat melalui teknologi dan inovasi.

 

Oleh: 

Meiriza Adwina Setiorini dan Fauzan Nabil Iskandar

Mahasiswa Tim II KKN Undip TA 2022/2023 Desa Bandar

 

DPL: 

Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.Si., M.Si

Dr. Adi Nugroho M.Si

Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc