EDUKASI DAN PELATIHAN TENTANG PENGOPERASIAN APLIKASI KASIR DAN PEMBUATAN KEMASAN MODERN SEBAGAI UPAYA MANAJEMEN DAN KESUKSESAN DALAM BERBISNIS

  • Aug 12, 2023
  • Fauzan Nabil Iskandar
  • BERITA

Desa Bandar, Kec. Bandar, Kab. Batang (12/08/2023)  Pada era globalisasi, manajemen bisnis yang strategik dan berencana merupakan hal yang penting dalam bisnis. Salah satu langkah dari manajemen bisnis itu sendiri adalah menguasai pengoperasian aplikasi kasir dan pembuatan kemasan modern untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan. Berdasarkan survei yang telah dilakukan Fauzan Nabil Iskandar, Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Tim II 2022/2023, sebagian besar pelaku bisnis di Desa Bandar, Kec. Bandar, Kab. Batang masih mengelola bisnisnya secara manual dan masih menggunakan kemasan yang tidak mencerminkan merek dari bisnis itu sendiri.

Maka dari itu, Fauzan mengadakan sosialisasi berbentuk edukasi tentang manajemen bisnis untuk kesuksesan bisnis pada salah satu lembaga desa yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Bandar. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi BUMDes Bandar tentang pengoperasian aplikasi kasir yang efisien dan pembuatan kemasan modern yang menarik perhatian pelanggan.

Dalam sosialisasi yang berbentuk edukasi dan pelatihan, mahasiswa Fauzan memberikan edukasi dan pelatihan tentang pengoperasian aplikasi kasir dan pembuatan kemasan modern sebagai langkah kritis untuk meningkatkan daya saing bisnis dan kesejahteraan pemilik usaha. Mereka menyoroti pentingnya menggunakan teknologi aplikasi kasir untuk mengelola transaksi, inventaris produk, dan laporan keuangan secara efisien, serta pembuatan kemasan modern yang menarik untuk membedakan produk dari pesaing.

“Saya ingin membantu BUMDes di Desa Bandar ini untuk lebih efisien dalam mengelola bisnis mereka dan menciptakan kemasan yang menarik untuk memperkuat citra merek dan daya tarik produk,” ujar Anggota Tim II KKN UNDIP Desa Bandar, Fauzan.

Fauzan memberikan buku panduan praktis dalam menggunakan aplikasi kasir, dan tips, trik, serta prototipe dalam mendesain kemasan produk yang menarik perhatian pelanggan. Selain itu, Fauzan juga memaparkan tentang manfaat dari pengoperasian aplikasi kasir dan pembuatan kemasan modern bagi bisnis, seperti meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan daya saing produk, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi BUMDes Bandar dan masyarakat sekitar. Mahasiswa KKN UNDIP berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi nyata dalam mendukung kesuksesan bisnis BUMDes Bandar melalui edukasi dan pelatihan yang bermanfaat. Dengan meningkatkan keterampilan pengoperasian aplikasi kasir dan kemampuan dalam pembuatan kemasan modern, diharapkan BUMDes Bandar dapat semakin maju dan berkembang di pasar yang semakin kompetitif.

Penulis: Fauzan Nabil Iskandar (14030120140143)/ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ Departemen Administrasi Bisnis/ Universitas Diponegoro